4 Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

1. Minum Jus Jeruk



Jus jeruk dari jeruk segar yang diperas atau jus jeruk kemasan, dapat menurunkan kolesterol . Peserta dalam penelitian terbaru meningkatkan kadar HDL mereka hingga 21% lalu menurunkan kadar LDL/HDL mereka sebanyak 16% dengan minum tiga gelas jus jeruk dalam sehari selama 1 bulan.

2. Tingkatkan Konsumsi  Makanan yang Mengandung Omega 3




Makan ikan jauh lebih baik daripada makan daging. Karena ikan mengandung asam lemak Omega 3, yang mana dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanlah ikan minimal 3 kali dalam seminggu. Ikan - ikan yang terkenal tinggi akan kandungan omega 3 nya adalah mackerel, salmon dan ikan tuna. Sarden pun juga termasuk.


Jika anda sama sekali tidak mau makan ikan, minumlah setiap hari suplemen kapsul minyak ikan yang mengandung EPA dan SHA ( 2 jenis asam omega 3 ). Minumlah sebanyak 1000mg dua kali dalam sehari.

Atau anda suka kerang? Kerang kaya akan sterol, zat kimia yang dapat mencegah tubuh anda dari menyerap kolesterol.

Flaxseed adalah sumber terbaik dari omega 3 nabati. Blender flaxseed dan masukkan ke dalam minuman yogurt anda atau ke dalam oatmeal anda. Salah satu penelitian menemukan bahwa 2 sendok makan flaxseed setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol LDL sampai 18%. Anda juga dapat menggunakan flaxseed sebagai taburan di atas salad anda.

3. Makan Oatmeal




Oatmeal kaya akan serat larut, yang mana membentuk semacam gel di dalam usus anda untuk mengurangi penyerapan lemak yang anda makan ke dalam tubuh anda. Memakan oatmeal 1 - 2 cangkir oatmeal sehari dapat menurunkan kadar LDL sampai sekitar 12 - 24 %. Pilihlah cara cepat memasak oatmeal atau cara lama dengan menyeduh oatmeal instan.

Sumber lain dari serat larut pada makanan adalah prune (plum yang kering), sereal, kacang - kacangan dan terong.

4. Berolah Raga




Gunakan lagi sepatu anda untuk lari pagi atau sekedar berjalan cepat selama 30 menit setiap hari. Studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik akan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) untuk LDL (kolesterol jahat), mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Olahraga teratur juga dapat membantu mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor resiko independen untuk penyakit jantung.




0 Response to "4 Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel