3 Cara Mudah Mencegah Mata Lelah

Mata lelah kerap dikeluhkan banyak orang. Gangguan yang kadang disertai rasa pusing ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

3 Cara Mudah Mencegah Mata Lelah
Mata Lelah

1. Membaca

Mata lelah bisa disebabkan membaca dalam waktu lama. Gangguan ini akan lebih cepat dirasakan jika aktivitas tersebut dialkukan dalam kondisi pencahayaan rendah. Mata lelah biasanya disertai dengan rasa kaku di bagian pundak maupun leher.

Untuk menghindari, biasakan mengistirahatkan mata 30 menit sekali dengan cara mengalihkan perhatian atau memejamkan mata agar terasa relaks. Setelah beristirahat sejenak, mata bisa kembali fokus. Demikin pula dengan faktor penerangan Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan lampu khusus untuk membaca yang memberikan pencahayaan tepat.

2. Menatap layar komputer

Radiasi layar komputer merupakan salah sebab seringnya mata lelah. Untuk menyiasati hal tersebut, aturlah tingkat kontras warna dan intensitas cahaya pada layar nyaman bagi mata. Selain itu, letak komputer harus diperhatikan dengan baik. Pantulan cahaya dari lampu ataupun sinar matahari melalui jendela juga dapat mempercepat kelelahan pada mata.

Ukuran huruf di layar monitor komputer sebaiknya diatur sedemikian rupa agar tidak terlampau kecil. Hal itu juga membuat mata bekerja lebih keras. Bukan cuma saat mengetik, tetapi juga ketika browsing internet. Gunakanlah huruf besar dengan mengatur dari menu view kemudian zoom in. hal ini akan memberi kenyamanan lebih bagi Anda sekaligus meminimalkan risiko ketegangan pada mata.

3. Terkena sinar matahari secara langsung

Sinar matahari juga dapat menimbulkan kelelahan pada mata. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hita dianjurkan demi menjaga kesehatan mata, bukan sekedar sebagai aksesori pakaian atau tren.

Pilihlah lensa yang telah diberi proteksi khusus untuk menangkal radiasi sinar matahari. Kacamata hitam yang disarankan mampu melindungi seluruh area mata dengan baik agar sinar matahari tidak menyelinap masuk.

0 Response to "3 Cara Mudah Mencegah Mata Lelah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel