Si Hijau Brokoli yang Kaya Manfaat Sehat

Brokoli (Brassica oleracea) adalah tanaman yang masih masuk dalam keluarga kubis. Tanaman ini dapat hidup di dataran tinggi yang mempunyai tingkat kelembaban yang cukup karena termasuk jenis tanaman yang tidak tahan dengan udara panas. Brokoli akan cepat berubah warna menjadi kuning dan busuk jika terlalu lama terkena udara yang panas.


Antikanker
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa brokoli dapat membantu mencegah kanker. Menurut para peneliti di Linus Pauling Institute di Oregon State University, ‘sulforaphane’ senyawa yang ditemukan dalam brokoli membantu mencegah kanker melalui mekanisme kompleks epigenetik. Studi lain dilakukan di Johns Hopkins University menunjukkan bahwa brokoli dapat mencegah perkembangan tumor sebesar 60 persen dan membantu mengurangi ukuran tumor hingga 75 persen.Brokoli mungkin sangat menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker rahim, kanker leher rahim, kanker prostat dan kanker kulit.


Menurunkan Kolesterol
Brokoli mengandung serat yang cukup tinggi kurang lebih 2,4 gram per satu cup. Serat dapat membersihkan kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi banyak serat juga baik untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan pencernaan.

Memperbaiki kerusakan pembuluh darah
Salah satu kandungan brokoli yang sangat bermanfaat adalah sulforaphane. Zat ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah beberapa kerusakan lapisan pembuluh darah.

Detoksifikasi
Zat yang terkandung pada brokoli yang meliputi Glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin merupakan zat yang berkerja dalam proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi tubuh meliputi aktivasi, netralisasi dan eliminasi kontaminan.

Menu diet yang baik
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang tinggi serat. Serat inilah yang membantu proses pencernaan, mencegah dan mengatasi sembelit, dan mempertahankan gula darah rendah.

Baik untuk Tulang
Brokoli mengandung kalsium yang sangat tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, di dalamnya juga terkandung banyak vitamin K yang akan membuat tulang lebih kuat serta mencegah osteoarthritis.

Kesehatan mata
Karotenoid lutein yang ada dalam brokoli mencegah terjadinya penyakit mata akibat usia, serta penyakit katarak dan degenerasi makula. Sebagai tambahan, brokoli juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan penting untuk kesehatan mata.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Brokoli memberikan asupan beta-karoten dan mineral yang sangat banyak pada tubuh sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

0 Response to "Si Hijau Brokoli yang Kaya Manfaat Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel