10 Bahan Makanan untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Apakah anda sedang mencari makanan yang dapat membantu memutihkan gigi anda, menghilangkan plak, memperkuat gigi anda dan membunuh bakteri di mulut? Berikut daftar bahan makanan yang harus anda masukkan ke dalam menu makanan anda sehari - hari untuk mendapatkan kesehatan mulut yang lebih baik. Tapi tetap saja anda harus tetap sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash bila perlu.

Oke, sekarang mari kita simak bersama, apa saja bahan - bahan makanan yang dapat membantu agar mulut lebih sehat :

1. Air




Air menjaga gusi anda tetap terhidrasi dan juga menstimulasi air liur yang mana air liur dianggap sebagai pertahanan yang hebat bagi mulut dari bakteri. Anda juga dapat membilas mulut anda dengan air untuk membantu untuk menghilangkan sisa - sisa makanan yang tertinggal di mulut anda, yang menyebabkan bau mulut tak sedap.


2. Brokoli 




Brokoli mengandung zat besi yang membentuk lapisan yang tahan asam pada permukaan gigi Anda. Lapisan ini berfungsi mengurangi kontak antara makanan atau minuman yang bersifat asam dengan email gigi anda.

3. Kiwi




Kekurangan vitamin C dapat membuat jaringan kolagen di gusi anda rusak, membuat jaringan kolagen lebih rentan terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal.
Itulah mengapa kiwi dianggap bermanfaat untuk gigi anda, karena buah kiwi kaya akan vitamin C dibanding buah - buah lain. Satu buah Kiwi besar menyediakan lebih dari 100% vitamin C yang dibutuhkan tubuh anda untuk sehari.

4. Keju




Penelitian menunjukkan mengkonsumsi keju, keju cheddar khususnya dapat meningkatkan produksi air liur dan membentuk pelindung pada email gigi. Ini dikarenakan kadar pH di mulut anda bekerja, kadar pH yang lebih rendah dapat membuat anda terkena resiko gigi berlubang dan pengikisan gigi. Di lain sisi, kadar pH yang tinggi, menunjukkan gigi yang lebih sehat.

Mengunyah keju cheddar, menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kadar pH.Tapi ini tidak berlaku untuk semua produk susu seperti yoghurt bebas gula dan susu. Untuk dua jenis ini, tidak ada perubahan kadar pH.

5. Seledri




Seledri dapat membantu menjaga gigi anda dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mengunyah seledri dapat menghasilkan banyak air liur, yang mana berfungsi menetralkan bakteri streptococcus yang menyebabkan gigi berlubang. Mengunyah makanan alami yang bersifat abrasif juga dapat membersihkan dan melakukan "pemijatan" di antara gigi - gigi. Jadi selalu ingatlah untuk memakan segelintir wortel dan seledri segar minimal sehari sekali.

6. Nanas




Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang berasal dari batang, buah dan daun nanas, yang dapat membantu memecah noda di permukaan gigi tanpa efek bahaya, efek abrasif pada email gigi. Pasta gigi yang mengandung enzim pemutih gigi alami ini mempunyai efek yang lebih baik dalam memutihkan gigi daripada pasta gigi yang mengandung pemutih gigi yang komposisinya seperti kalsium karbonat dan perlite.

7. Kismis



Penelitian menunjukkan asam oleanolat, senyawa yang terdapat pada kismis tanpa biji, dapat membantu mencegah pertumbuhan dua tipe bakteri mulut, yaitu : Porphyromonas gingivalis, yang menyebabkan penyakit periodontal dan mutan streptococcus yang menyebabkan gigi berlubang. kandungan senyawa ini juga menjaga gigi dari penimbunan plak.

8. Teh Hijau




Teh Hijau mengandung substansi yang disebut catechin yang dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut anda, yang mengubah gula menjadi plak. Catechin juga menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Minumlah teh hijau minimal 2 atau 5 cangkir sehari.

9. Biji Wijen




Biji, membantu menghilangkan plak dan mebentuk email gigi. Biji wijen juga kaya akan kalsium, yang mana membantu memelihara tulang di sekitar gusi dan gigi. Tambahkan 1 sendok makan biji wijen pada sayuran yang sudah dikukus dan salad, beberapa kali dalam seminggu untuk membersihkan gigi secara lembut dan juga sebagai tambahan kalsium.

10. Jamur Shitake




Jamur Shitake mengandung lentinan, yaitu sejenis gula yang mencegah mulut dari bakteri yang menimbulkan plak. Tambahkan 4 - 5 potong Jamur Shitake untuk digoreng sambil diaduk - aduk dan juga sup. Pilihlah Jamur yang segar atau bahkan yang kering yang mana dapat dilarutkan dengan merendamnya di dalam air panas selama 25 menit sebelum digunakan.

0 Response to "10 Bahan Makanan untuk Memutihkan Gigi Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel