10 Tips Sederhana Untuk Menambah Berat Badan dan Otot

Bagi orang-orang yang kurus untuk mengubah tubuh mereka menjadi lebih berisi adalah hal yang sulit. Namun, dengan diet, olahraga dan gaya hidup yang tepat, tidak ada yang tak mungkin. Berikut ini adalah 10 tips sederhana yang akan membantu anda menambah berat badan dan juga otot.

1.    Cobalah makan 5 sampai 6 kali dalam sehari Untuk menambah berat badan, anda perlu memulainya dengan makan yang banyak. Namun, harus diperhatikan, makan banyak yang dimaksud adalah makan secara bertahap, bukan porsi banyak dalam sekali makan. Hal tersebut hanya akan menyebabkan gangguan pencernaan dan tubuh anda tidak dapat mencerna energi dengan baik. Pada awalnya mungkin 3 jam setelah makan siang anda tidak terlalu merasa lapar, namun tetaplah makan dan perhatikan nafsu makan anda akan semakin bertambah dari hari ke hari.


2.    Lakukan latihan angkat beban minimal 3 kali dalam seminggu
Ketika anda berlatih angkat beban, massa otot anda akan bertambah. Selain itu juga yang penting anda menaikkan beban latihan secara bertahap, dari yang paling ringan hingga semakin berat. Semakin sering anda berlatih, kekuatan otot anda akan semakin bertambah dan anda tidak akan menemukan kesulitan lagi dalam melakukan angkat beban.

3.    Makanlah menu dengan kalori 300-500 melebihi kalori total yang dibutuhkan
Makan dengan tambahan kalori 300-500 melebihi asupan kalori yang dibutuhkan mungkin terlihat sulit, namun anda tetap harus mencobanya jika tidak ingin kurus lagi. Pastikan bahwa anda tidak mendapatkannya hanya dalam satu kali makan, tetapi secara bertahap dalam satu hari. Temuilah ahli gizi untuk berkonsultasi tentang berapa banyak sebaiknya asupan yang diperlukan untuk menambah berat badan anda.

4.    Latih otot punggung dan otot kaki juga
Ada beberapa otot yang bisa terlihat bagus pada saat anda berkaca, namun ada juga yang tidak terlihat. Para anggota di gym biasanya hanya melatih otot lengan, dada dan bahu saja dan hal tersebut adalah kesalahan yang fatal. Alasan pertama, yaitu akan menyebabkan bentuk tubuh anda tidak proporsional. Dan juga, cenderung akan menimbulkan cidera tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya anda melatih seluruh bagian tubuh anda.

5.    Tingkatkan asupan protein
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa anda dianjurkan mengkonsumsi makanan yang memiliki kalori 300-500 melebihi kebutuhan normal anda, namun jangan pernah mencoba untuk mengkonsumsi junk food (makanan siap saji). Konsumsilah makanan tinggi protein seperti keju, telur, daging dan protein nabati (kacang-kacangan).
6.    Minumlah minuman berkalori
Mungkin terlalu sulit untuk mencukupi kalori hanya dari makanan saja. Minum susu, milkshake atau protein shake dengan sedikit gula atau tanpa gula bisa menjadi cara alternatif untuk menambah asupan kalori.

7.    Cobalah makan dengan cepat
Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan melakukan hal sebaliknya, namun dengan alasan yang sama. Tubuh anda perlu waktu untuk memberikan sinyal rasa kenyang, maka dari itu makan cepat dapat membantu anda untuk makan lebih banyak.

8.    Fokuskan pemulihan setelah olahraga
Stretching (peregangan), mandi, dan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat membantu pemulihan tubuh secara signifikan. Selain itu juga diperlukan tidur minimal 8 jam perhari, Karena tidur yang kurang cukup akan menyebabkan permasalahan. Tips lainnya bisa anda simak di www.topro3.com

9.    Jangan berharap penambahan berat badan secara cepat
Berharap berat badan naik dengan cepat jika dilihat dari sudut pandang kesehatan sangat tidak realistik. Bahkan jika anda mengikuti semua saran di artikel ini, berat badan anda mungkin hanya naik 2-5 pon dalam sebulan. Setiap tubuh manusia memiliki perbedaan masing-masing, hanya karena anda merasa tidak berhasil menambah berat badan, seharusnya anda jangan putus asa. Hidup sehat akan membuat anda merasa lebih baik dan lebih positif memandang kehidupan serta menambah kekuatan, dan jika hal tersebut terjadi berarti anda telah melakukan hal yang benar. Jangan khawatir, dengan gaya hidup yang tepat, berat badan anda akan naik.


10.    Yakinlah
Mengikuti aturan hidup anda mungkin terlihat sangat sulit jika anda tidak percaya bahwa suatu hari nanti anda dapat mengubah tubuh menjadi yang anda inginkan. Jika anda tidak berhasil menaikkan berat badan bahkan setelah diet dengan keras, tetaplah berdiet, jangan menyerah. Perbanyak makan, dan tetaplah terinspirasi.

0 Response to "10 Tips Sederhana Untuk Menambah Berat Badan dan Otot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel