Terhindar dari Penyakit Jantung Sejak Awal

Penyakit jantung tidak hanya menyerang para lansia atau orang tua saja akan tetapi sudah mulai menghinggap pada usia produktif 18-30 tahun akibat pola makan yang keliru. Penyakit jantung banyak ragamnya artikel kali ini tidak membahas jenis dan tingkatan penyakit mematikan ini, namun cenderung kepada saran tindak prefentif saja.
Terhindar dari Penyakit Jantung Sejak Awal

Terkadang sang penderita tidak merasakan sakit apa-apa pada dirinya, tetapi tahu jantungnya tidak sehat setelah diperiksakan ke dokter dengan kondisi parah. Untuk jantung yang sehat dan kuat diperlukan asupan makanan yang baik pula. Berikut akan kita bahas satu persatu.

Hal yang perlu diperhatikan agar jantung kita selalu sehat.

  • Sering mengonsumsi buah dan sayuran, khususnya buah yang dapat di makan bersama kulitnya seperti apel, jambu, belimbing, peach. Buah-buahan ini sangat baik sebagai anti oksidan dalam darah yang pasti melalui jantung.
  • Sering memakan lalapan. Buatlah minuman dari rumput laut, kolang-kaling, selasih, cincau dll. tanpa menggunakan sirup yang berlebihan (kalau perlu, gunakan sirup diet). 
  • Ingat konsumsi secara berlebihan gula pasir (sirup, softdrink) dan bahkan pula gula diet yang mengandung fruktosa dapat meningkatkan kadar trigliserida.
  • Gunakan roti dari biji gandum yang utuh (whole wheatbread).
  • Makan makanan sereal berserat tinggi seperti havermout pada waktu sarapan.
  • Pilih jenis-jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.
  • Ganti daging merah dengan daging putih seperti ayam kampung. Jangan mengonsumsi bagian kepala,ekor,dan kulit. 
  • Kaldu ayam yang berminyak sebaiknya disaring dengan menggunakan saringan halus yang kalau perlu alasnya bisa dilapisi dengan kapas steril untuk menahan minyak tersebut.

Nah sobat sehat semua, tips sederhana di atas hanyalah sebagian saja dari tips sederhana lainnya untuk menjaga jantung kita tetap kuat sampai hari tua. Jika sobat ada tambahan pola makan yang baik untuk terhindar dari penyakit jantung silahkan tambahkan di kolom komentar.

0 Response to "Terhindar dari Penyakit Jantung Sejak Awal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel