Penyebab Gusi Bengkak disekitar Gigi

Saat sikat gigi di pagi hari terasa sakit pada bagian gusi atas atau bawah, padahal sebelumnya tidak terasa apa-apa. Mungkinkah ini gusi yang bengkak ada tonjolan yang menyakitkan. Bisa jadi gusi yang membengkak ini adalah sebab gigi yang berlubang, gusi gigi yag bernanah sehingga dikhawatirkan terjadi infeksi di sekitar gusi sakit itu. Berikut akan saya paparkan beberapa cara yang sederhana untuk mengatasi gejali gusi bengkak agar tidak kian meradang.

Penyebab Gusi Bengkak disekitar Gigi

1. Higienis yang keliru

Jika ada bengkak di sekitar gigi dan mulut saat anda sikat gigi, bisa jadi karena disebabkan salah memilih sikat gigi yang bulu sikatnya keras, kaku dan tidak lembut bagi gusi yang lunak. Luka sangat kecil pada gusi dalam jangka panjang jika terselip sisa makanan dan terjadi pembusukan makanan di dalam mulut akan menyebabkan inflamasi mulut.

Perhatikanlah cara menggosok gigi yang benar agar mulut bersih dan higienis, seringnya pasien lalai akan masalah pertama yang ringan dilakukan ini.

Cara menyikatnya sikat mulai dari depan ke arah belakang gigi seperti biasa, pada bagian gusi yang bengkak sikat gigi agak di angkat sedikit sehingga tidak terasa sakit, sikat perlahan hingga bersih jangan sampai berdarah.

2. Penyakit Gusi

Kesalahan menggunakan sikat gigi menjadi salah satu sebab banyaknya kasus gusi berdarah atau bengkak, bertaih-hatilah.

Menurut penelitan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit penduduk US hampir separuhnya usia 30 tahunan gusinya bermasalah. Jangan anggap sepele masalah gusi ini, Radang gusi yang memerah, bernanah gigi dapat terlepas dengan rasa sakit yang sangat.

3. Keluhan Gigi

Sakit gigi akibat gusi bengkak adalah gejala umum yang biasa sering menimpa semua umur, indikasi ini terjadi peradangan atau infkesi di sekitar gigi dan gusi.

Sering kali sakitnya bereawal dari gigi/ gusi yang berlubang karena bakteri gigi penyebab infeksi yang tidak dibersihkan dengan benar.

Ciri-cirinya
  • Biasanya rasa timbul nyeri yang berdenyut, 
  • Gusi yang bengkak, 
  • Gusi memerah, bahkan menghitam lebam,
  • Cara perawatannya dokter akan memberikan antibiotik takarannya sesuai tingkat sakitnya.
Baca juga artikel pengobatan secara herbal: 17 Cara Mengobati Gusi Bengkak Alami serta Pencegahannya

BAGAIMANA CARA PENCEGAHANNYA

Menyikat gigi dua kali sehari saja tidak cukup, menggunakan benang sutra antara sela-sela gigi dirasa sangat efektif sekali, tersedia banyak merek benang pembersih gigi di pasaran anda bisa minta rekomendasi dokter gigi

Sebagai tambahan gunakan peralatan perawatan gigi dan lakukan dengan cara yang tepat menyikat, benang, dan membilasnya.

Sangat dianjurkan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut dua kali dalam setahun. Kesehatan mulut dan keindahan senyuman anda tergantung dari seberapa sering anda merawat

Mulailah dari sekarang merawat gigi untuk keluarga semua di rumah sejak dini kapanpun dan dimanapun, ajaklah teman-teman anda semua untuk membersihkan dan kesegaran mulut setiap saat terutama setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

http://www.colgate.com/en/us/oc/oral-health/life-stages/adult-oral-care/article/sw-281474979434098

0 Response to "Penyebab Gusi Bengkak disekitar Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel