16 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati radang tenggorokan sebenarnya tidak sulit dilakukan jika kita tahu langkah-langkah pengobatannya, nah sebaiknya cara sederhana dalam artikel ini patut anda simak agar di kemudian hari tidak bingung cara menyembuhkannya dan tidak sulit melakukannya. Memang radang tenggorokan sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari terkhusus menyerang anak-anak dan balita pasti rewelnya bukan main. Sebelum lebih jauh membahas radang tenggorokan yang mengganggu alangkah baiknya jika memahami gejala dan penyebab radang ini.
16 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat
image irtces.com
Radang tenggorokan biasanya timbul rasa sakit, suara serak atau parau, iritasi, gatal, di bagian dalam tenggorokan disertai susah menelan makanan apalagi ditambah dengan timbul sariawan kecil-kecil di sekitar mulut, diakibatkan oleh bakteri Streptococcus Pyogenes waduuh..ngeri juga ada bakteri! sakit bukan main itu. Serak suara tidak luput juga menambah parahnya radang tenggorokan.

Tanpa obat-obatan kimiapun agar tidak keluar banyak biaya dan tidak bertambah parah, radang bisa disembuhkan dengan cepat asalah Anda tahu herbal apa saja yang manjur sebagai pengobatan. Jadi jangan lagi anggap sepele jika dibiarkan bisa berakibat fatal sakit seperti ini tapi juga tidak perlu panik, anggap saja ini sakit biasa yang mudah di atasi Insya Allah. Secara medis, radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, suara serak, batuk, gatal dan terasa sakit saat menelan.

Tatkala musim kering/ kemarau penyakit musiman seperti pilek, batuk, radang, radang tenggorokan, dan infeksi saluran pernapasan menjadi wabah yang tidak terhindarkan, maka diperlukan pengetahuan pencegahan radang sejak dini sebelum parah.

Penyebabnya

Penyebab radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri jenis ini menular melalui udara ketika seorang penderita batuk maupun bersin. Maka berhati-hatilah bagi anda yang berada di sekitar teman yang sedang menderita sakit tenggorokan. Tidak hanya itu bakteri streptococcus juga bisa menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang telah terinfeksi oleh bakteri ini. Penyebab lain dari radang tenggorokan antara lain : alergi, udara kering, dan polusi udara, serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.

Tanda-tanda umum yang muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan, antara lain sebagai berikut:

  • Tenggorokan terasa sakit - disertai susah menelan makanan atau minuman suara serak
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Beberapa kasus penderita disertai demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala - akibat inflamasi sakit tenggorokan menyebabkan syaraf kepala merasakan efeknya
  • Ruam - timbul bercak merah di area sakit
  • Badan terasa lelah, akibat kekebalan daya tahan tubuh menurun menyebabkan badan terasa lemas dan cepat letih.
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah
  • Jika anda mengalami gejala-gejala di atas maka kemungkinan anda sedang terserang radang tenggorokan. Tapi jangan kuatir. Tetap tenang untuk mencari solusi dan cara menyembuhkan radang tenggorokan secara sederhana dan tepat.
Cara Mengobati adang tenggorokan secara ceppat, aman, murah dan alami

Memakan Bawang Putih
Kedengarannya aneh makan bawang putih mentah rasanya yang aneh, sedikiti pedas dan juga menimbulkan bau mulut bawang yang kurang nyaman tapi jangan salah khasiatnya luar biasa. Bakteri penyebang radang dapat ditumpas dengan bawang putih yang mengandung allicin. Kunyahlah bawang putih seukuran ruas jari, tahan jika terasa pedas itu akibat efek allicin yang membunuh kumas. Memang mulut akan bau bawang putih, namun efeknya tenggorokan anda akan menjadi nyaman. Jadi cara menggunakan bawang putih sebagai obat radang tenggorokan bisa dengan dikunyah, diiris kemudian di hisap agar kandungan taninnya menyebar di mulut, dibakar jangan sampai hangus kemudian dikunyah sampai lembut dan tahan di area tenggorokan. Alternatif terakhir bila anda anti makan bawang putih langsung bisa memasak banyak makanan halus dengan memakai banyak bawang putih di dalamnya seperti bubur ayam ekstra bawang putih.

16 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat
image bawangputih.org
Permen pereda tenggorokan
Sekarang sudah banyak produk-produk manisan atau perment sekaligus pereda tenggorokan, selain menjaga agar tenggorokan tetap basah dengan mengunyah permen jenis ini, kandungan, zinc, pectin, dan vitamin C juga besar untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. .

Air Garam Hangat
Ternyata berkumur dengan air garam hangat salah satu sebab meredakan radang tenggorokan pada balita, anak, dan dewasa. Air garam hangat dapat pula mengeluarkan dahak dan redakan sakit di tenggorokan sebab air garam dapat mengurangi inflamasi pada kerongkongan.

Konsumsi cairan yang banyak
Saat radang melanda diwajibkan banyak minum cairan agar tubuh tetap selalu segar, dan tenggorokan tetap lembab tidak kering yang akan menambah parah. Sebab cairan tersebut dapat membersihkan bakteri yang menempel di tenggorokan, cairan hangat yang dapat membantu agar anda tetap nyaman saat meminumnya antara lain teh, air madu hangat, jus jeruk lemon. Minum-minuman tersebut sangat efektif bila diminum setiap pagi dan sore hari hingga radang tenggorokan reda.

Menghirup uap dan mengkonsumsi makanan hangat
Selain minuman hangat seperti yang telah saya sebutkan di atas bisa juga anda mengkonsumsi makanan-makanan hangat atau menghirup uap yang mengepul saat memasak air panas atau menyeduh minuman hangat di rumah, uap panas ini sangat membantu melegakan tenggorokan meski sebentar. Meski terbilang cara tradisional yang sudah ratusan tahun digunakan oleh nenek moyang kita, namun jangan salah cara ini tergolong ampuh menyembuhkan sakit tenggorokan dan pilek. Caranya dekatkan wajah anda ke wadah yang berisi air panas kemudian tutup dengan kain agar udara tidak menyebar, hiruplah uap panasnya melalui hidung sesekali dari mulut juga.

Makan SUP ayam hangat
Pada saat sakit tenggorokan, mengkonsumsi sup merupakan hal yang baik, mengkonsumsi sup hangat dapat meredakan peradakan dan menjaga asupan nutrisi bagi tubuh. Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan. Makanan yang hangat seperti sup ayam hangat, sebab menurut para ahli kesehatan kaldu ayam merupakan anti-inflamasi yang baik untuk membuat radang cepat sirna. Nah, masihkah anda mau berlama-lama sakit radang dan menolak sup ayam hangat??

Minum teh dan madu
Teh merupakan minuman keseharian di rumah sebagai pelengkap gorengan waktu pagi atau sore hari, teh sendiri sebagai anti oksidan jika diminum secara tepat tetapi terkadang kita kurang memperhatikan mafaatnya, teh hangat apabila ditambahkan madu dalam secangkirnya dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan sekaligus anti radang. Caranya, secangkir teh di tambahkan 1 sendok makan madu diminum pagi hari dan malam menjelang tidur. Insya Allah dalam hitungan hari.

Berkumur dengan kunyit, garam, dan air hangat
Bahan rempah dapur yang satu ini sangat manjur sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan, kunyit dan garam sangat mudah dijumpai di rumah. Berkumur menggunakan air kunyit campuran garam efektif membunuh kuman sekaligus menyembuhkan luka akibat radang. Caranya 1 sendok teh garam, sejumput kunyit, dan 200 ml air hangat dicampur jadi satu kemudian jadi obat kumur setiap saat hingga sakit berkurang.

Minum Air Rebusan daun kemangi
Selain sebagai pelengkap masakan ternyata daun kemangi sebagai obat radang tenggorokan yang manjur, caranya ambil segenggam daun kemangi kemudian rebus lalu air rebusannya diminum atau bisa juga digunakan untuk berkumur-kumur, cara sederhanya ini setidaknya melegakan tenggorokan anda.

Minum Madu dan Lemon
Madu yang bersifat manis sebagai antibiotik paling ampuh sejak dahulu, apabila dipadukan dengan lemon yang bersifat masam dan kemudian dikonsumsi sebagai minuman hangat bisa sebagai obat radang tenggorokan alami yang menenangkan. Caranya kita campurkan secangkir air hangat dengan satu sendok makan lemon dan satu sendok makan madu. Campurlah perasan jeruk lemon dan satu sendok makan madu ke dalam satu cangkir air hangat, jika tidak ada lemon bisa madu saja. Minuma seperti ini sangat banyak manfaatnya disarankan tidak untuk anak-anak di bawah dua tahun. Bisa juga dikombinaksikan dengan jeruk lemon, madu, dan jahe ke dalam air hangat berguna mengencerkan lendir dan rasa nyaman.

Minum Jus belimbing
Buah belimbing sangat mudah ditemukan mengandung senyawa yang bersifat anti-radang, jus buah belimbing yang bisa dbuat sendiri di rumah dapat mengobati berbagai macam radang termasuk radang tenggorokan.
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, kemudian dibuat jus dan diminum setiap hari.

Jus lemon
Minuman jeruk lemon saja sebenarnya sudah cukup, rasa masam memang agak perih bila terkena radang namun efeknya luar biasa untuk menyembuhkan rasa sakit di kerongkongan. Caranya, campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Wortel rebus
Siapa sangka wortel memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, potasium, dan vitamin K yang melimpah berguna sebagai antioksidan alami yang melindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Caranya rebus dahulu hingga agak lunak kemudian di makan atau bisa dijus.

MakanPisang
Meski sakit tenggorokan pisang mudah ditelan bagi siapa saja karena pisang memiliki tekstur yang lembut dan lunak, kandungan gizi buah pisang vitamin B6, vitamin C dan kalium mempercepat proses kesembukan penderita.

Teh Chamomile
Chamomile merupakan daun mirip bunga matahari dari keluarga bunga matahari asteraceae yang tumbuhnyan musiman yang tumbuh subur di Eropa dan Asia yang memiliki empat musim. Teh chamomile disajikan dengan air hangat dengan tambahan satu sendok madu, teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Caranya seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu. Minum teh apapun jenisnya (teh chamomile, teh lemon, teh jahe, teh madu, dll) berguna sekali untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Nah, gantilah sementara minuman-minuman seperi kopi, cola dan aneka minuman pasaran dengan teh hangat. Jika anda ingin lebih manjur, anda bisa menggunakan teh chamomile. Teh dari jenis chamomile dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat radang. Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan madu di dalamnya. Semakin nikmat bukan?

Teh Jahe
Bagi pecinta teh ini merupakan kesempatan yang baik saat radang, cara mengobati radang tenggorokan ternyata cukup mudah, cukup ambil jahe kira-kira 1 inchi kemudian memarkan dan rebus selama dua menit, lalu campurkan dengan seduhan teh hangat yang telah anda buat sebelumnya. Kenapa harus jahe? sebab jahe memiliki sifat ekspektoran yang membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan. Jahe meningkatkan oksigen sel tubuh, membersihkan tubuh dari antioksidan dan mempercepat proses penyembuhan. Jahe dikenal bahan rempah-rempah memiliki kandungan curcumin yang mencegah terjadinya inflamasi tenggorokan. Caranya bakar jahe di bara api jangan sampai gosong, kemudian memarkan jahe kemudian masukkan ke dalam satu gelas air panas, bila perlu tambahkan gula batu dan madu seperlunya, herbal sederhana ini obat tradisional yang sangat terbukti ampu mengatasi berbagai jenis radang.

Mencegah radang tenggorokan
  • Biasakanlah cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir ke seluruh tangan secara rata, terutama setelah anak-anak bermain yang kotor, setelah bersin ataupun batuk.
  • Hindari kontak langsung dengan penderita seperti berbagi peralatan makan minum (gelas, piring, dan cairan)
  • Biasakan bersin atau batuk ke tisu lalu membuangnya, jika tidak ada biasakan bersin ke ketiak anda.
  • Berhentilah merokok sekarang juga! dan jauhkan keluarga terpapar dari asap rokok. 

Kesimpulan

  1. Bakteri penyebab radang tenggorokan ini sangat mudah sekali menyebar melalui udara akibat bersin ataupun batuk dari penderitanya
  2. Radang bukan suatu penyakit yang sangat berbahaya, melainkan gangguan pada saluran pernafasan atas karena sebab bakteri
  3. Akibat daya tahan tubuh yang menurun
  4. Caranya pengobatannya cukup mudah jika ditangani secara benar
  5. Mengatasi radang bisa dilakukan dengan lebih mudah, cukup dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan sehat lainnya yang memiliki kandungan vitamin tinggi.
  6. Selain itu, jenis radang seperti ini juga bisa disebabkan oleh alergi seperti debu, polusi dan sensitive terhadap cuaca.
Semoga artikel singkat ini membantu anda sebagai cara mengobati radang tenggorokan bagi Anda, anak-anak, dan keluarga di rumah. Cara pengobatan tradisional ini terbukti efektif menyembuhkan berbagai macam radang tenggorokan yang menjengkelkan. Saya sarankan bila sudah lewat 7 hari hari di atas tidak manjur segera hubungi dokter agar sakit anda cepat di tangani.

0 Response to "16 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel