Apa yang Mesti Anda Lakukan Jika Gusi Bengkak Tiba-tiba?

Gusi bengkak merupakan masalah umum yang banyak dialami segala usia jika tidak merawat kesahatan mulut dengan benar, dan dapat memiliki sejumlah penyebab yang berbeda. Jika Anda menderita gusi bengkak yang berlangsung lebih dari beberapa hari, Anda harus menghubungi dokter gigi Anda. Nah, untuk langkah pertolongan perawatan pertama, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keparahan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Apa yang Mesti Anda Lakukan Jika Gusi Bengkak Tiba-tiba?
Gusi Bengkak

Pertimbangkan Kemungkinan Penyebab

Ada beberapa penyebab umum peradangan gusi yang mungkin sesuai dengan keadaan Anda:
  • Obat: Baru minum obat, gusi Anda mungkin sensitif terhadap efek samping dari obat tersebut. Bicarakan dengan dokter Anda tentang efek samping Anda untuk obat tadi, dan mencari tahu apakah ada alternatif lain selain obat tadi yang tidak memilki efek samping pada pembengkakan gusi.
  • Beralih merek: Mengganti merek pasta gigi atau obat kumur, Anda mungkin akan mengalami reaksi terhadap salah satu bahan dari salah satu pasta gigi baru, bagi sebagian orang sangat sensitif terhadap bahan aktif pasta gigi.
  • Kurang gizi: kekurangan vitamin C khususnya dapat menyebabkan gusi meradang, jadi jika Anda belum makan buah-buahan dan sayuran, mungkin pola diet Anda ada yang keliru.
  • Gingivitis: Penyebab utama radang gusi  adalah gingivitis. Jika Anda belum menyikat gigi dan flossing baik, ini mungkin menjadi masalah utama.

Ada banyak kemungkinan penyebab lain dan faktorr peradangan gusi, sehingga gejalanya sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan lengkap.

Cari Bantuan

Ada beberapa poin yang dapat dilakukan, dan beberapa hal yang tidak harus melakukan, untuk meringankan ketidaknyamanan Anda dan mengurangi pembengkakan di gusi Anda.

Lakukan secara benar

Sikat dengan benar secara teratur. Jika akar penyebab pembengkakan gusi Anda adalah gingivitis, kebersihan mulut yang baik adalah langkah pertama ini (menyikat dan membersihkan mulut) untuk pemulihan.

Memperbaiki pola makan Anda. Tambahkan beberapa buah-buahan dan sayuran ekstra untuk diet Anda, dan perlu hindari minuman berkafein dan soda untuk sementara waktu sampai benar-benar sembuh.

Bilas mulut Anda dengan larutan air garam. Hal ini dapat meringankan rasa sakit gusi meradang.
Segera berkunjung ke dokter gigi! Seorang perawat gigi profesional dapat menentukan penyebab pasti dari pembengkakan gusi, dan membantu Anda meningkatkan kesehatan gigi dan gusi lebih cepat.

Hindari!

Jangan terus menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengiritasi gusi Anda. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat mengiritasi gusi. Segera ganti pasta gigi jika dirasa tidak nyaman digusi dan mulut.

Jangan gunakan alkohol dan tembakau, karena kedua zat tersebut dapat mengiritasi gusi Anda lebih parah.
Jangan mengabaikan masalah ini.

Nah, rekan Sehat semua ternyata kebersihan mulut sangat berperan penting lho buat kesehatan badan dan aktifitas interaksi sosial tidak terganggu, semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

0 Response to "Apa yang Mesti Anda Lakukan Jika Gusi Bengkak Tiba-tiba?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel